Pengantar
Dalam rangkaian artikel kali ini, kita akan membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan bahasa pemrograman Java tanpa menggunakan bantuan pustaka / library. Kita murni akan menerapkan prinsip OOP.
Saya memisahkan kedalam bagian:
- Gambaran kasus
- Membuat diagram kelas dan Implementasi program
- Membuat contoh panduan program untuk pengguna
Deskripsi Program
Futsal Management System adalah aplikasi desktop berbasis Java untuk pengelolaan administrasi sebuah turnamen futsal.
Sasaran pengguna dari aplikasi ini adalah panitia penyelenggara turnamen futsal dengan lingkup batasan di lingkungan perkuliahan.
Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah membantu panitia penyelenggara agar lebih mudah mencatat segala informasi yang berkaitan dengan turnamen.
Fitur
Secara keseluruhan, fitur-fitur dari aplikasi ini adalah:
- Membuat turnamen baru.
Fitur ini terdiri dari:
* mengelola data pemain,
* mengelola data tim,
* menentukan drawing knockout pertandingan secara otomatis. - Membuat penjadwalan.
Dalam fitur ini admin bisa membuat plot-plot jadwal pertandingan kemudian akan di generate secara otomatis oleh sistem. - Ranking pencetak gol terbanyak
Fitur ini dapat me-ranking pemain-pemain yang mengantongi jumlah gol terbanyak. - Berita acara tiap pertandingan
Dalam tiap pertandingan admin bisa menggunakan fitur ini untuk mencatat:
* hasil pertandingan, dan
* pencetak gol - Penyimpanan data turnamen-turnamen sebelumnya
Data dari turnamen-turnamen yang telah dilaksanakan akan disimpan oleh aplikasi dan dapat dilihat kembali kapanpun melalui fitur ini.
Contoh kode
Untuk contoh kode lengkapnya tersedia di repository Github berikut: github.com/rajadavidh/futsal-management-system
Menyalin kode:
- Pastikan kalian menginstall program git pada sistem kalian
- Salin atau kloning repositori kode dengan perintah berikut melalui terminal / command prompt:
git clone https://github.com/rajadavidh/futsal-management-system.git