Blog

Membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan Java bagian 3 (akhir): Panduan program untuk pengguna

Pengantar

Dalam rangkaian artikel kali ini, kita akan membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan bahasa pemrograman Java tanpa menggunakan bantuan pustaka / library. Kita murni akan menerapkan prinsip OOP.

Saya memisahkan kedalam bagian:

Panduan Program untuk pengguna

Menu Utama

Menu utama di atas ditampilkan jika tidak ada turnamen yang sedang berlangsung. User hanya bisa membuat satu turnamen dalam satu waktu. Continue reading “Membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan Java bagian 3 (akhir): Panduan program untuk pengguna”

Membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan Java bagian 2: Diagram kelas dan Implementasi program

Pengantar

Dalam rangkaian artikel kali ini, kita akan membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan bahasa pemrograman Java tanpa menggunakan bantuan pustaka / library. Kita murni akan menerapkan prinsip OOP.

Saya memisahkan kedalam bagian:

Membuat diagram kelas

Berdasarkan fitur dari artikel Gambaran kasus, kita akan membuat 6 kelas dengan relasi seperti berikut: Continue reading “Membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan Java bagian 2: Diagram kelas dan Implementasi program”

Membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan Java bagian 1: Gambaran kasus

Pengantar

Dalam rangkaian artikel kali ini, kita akan membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan bahasa pemrograman Java tanpa menggunakan bantuan pustaka / library. Kita murni akan menerapkan prinsip OOP.

Saya memisahkan kedalam bagian:

Deskripsi Program

Futsal Management System adalah aplikasi desktop berbasis Java untuk pengelolaan administrasi sebuah turnamen futsal.

Sasaran pengguna dari aplikasi ini adalah panitia penyelenggara turnamen futsal dengan lingkup batasan di lingkungan perkuliahan.

Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah membantu panitia penyelenggara agar lebih mudah mencatat segala informasi yang berkaitan dengan turnamen. Continue reading “Membuat sistem manajemen turnamen futsal dengan Java bagian 1: Gambaran kasus”